Langsung ke konten utama

PENTINGNYA TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BISNIS

Jelaskan pentingnya Teknologi Informasi bagi Bisnis
       Di Era Globalisasi sekarang ini, Internet menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam lapisan masyarakat, mulai dari Siswa-Siswi sekolah, Mahasiswa, Pekerja kantoran bahkan Ibu rumah tangga pun membutuhkan kemajuan teknologi untuk menyelesaikan bahkan membantu pekerjaan mereka sehari-hari. Tak terkecuali dalam dunia bisnis, kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk berhubungan dengan kolega bisnis diluar Negeri bahkan Pulau lain.
Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah satu aktifitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola. Teknologi Informasi mempunyai manfaat tersendiri yaitu :
·      Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.

·      Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi

Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.

·      Manajemen Data

Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan

·       Sistem Informasi Manajemen

Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.

Berikut ini adalah contoh kemajuan Teknologi yang dimafaatkan dalam Bisnis ::
·         Email secara luas digunakan sebagai bentuk komunikasi bisnis dan secara keseluruhan itu adalah alat komunikasi yang sangat efektif. Email murah, hanya membutuhkan koneksi internet yang umumnya sudah ada dalam bisnis. Fungsi Email adalah meskipun tidak dapat dan tidak harus mengganti semua tatap muka komunikasi dan lain-lain bentuk komunikasi, penggunaan email internal dapat mencakup banyak bidang dalam bisnis. Email internal dapat berfungsi sebagai komunikasi yang efektif untuk berbagi informasi dasar, seperti harga kantin baru, pedoman penggunaan kertas atau tindakan pengamanan, misalnya. Mengirim pesan sederhana untuk seluruh tenaga kerja hanya dengan klik mouse cepat, mudah, nyaman dan dapat menghemat uang perusahaan.
Jika disimpan, email dapat berfungsi sebagai bukti pesan yang dikirim atau diterima, dan mudah diakses untuk mengingatkan penerima informasi terkait. Banyak bisnis menggunakan email sebagai bagian dari upaya pemasaran untuk berbagi informasi dengan prospek, pelanggan, vendor.  Pengertian dan Fungsi Email di Komunikasi Bisnis.
·         Internet
Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
§  Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan.
§   Analisa produk dan pasar.
§   Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya.
§   Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja.
§   Akses informasi dan penyebaran informasi.
§   Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan  biaya murah.
§   Peluang bisnis baru.

·         Voice Mail
Manfaatkan Fitur Pesan Suara (Voice Mail) Untuk Meningkatkan Penjualan – Setiap bisnis pasti merasakan manfaat dari penerapan teknologi canggih yang dirancang untuk mempromosikan, merangsang pertumbuhan dan meningkatkan sinergi antar bagian. Teknologi yang sering kita abaikan dan kurang dimanfaatkan dengan baik terutama pada sistem telepon yakni pesan suara (voice mail). Sistem ini efektif dalam memfasilitasi transaksi bisnis. Setiap pengusaha yang memahami pentingnya menjaga komunikasi dengan klien dan pelanggan pasti akan memanfaatkan dan memaksimalkan fasilitas ini. Sistem pesan suara ini memberikan rasa nyaman bagi klien dan pelanggan untuk berkomunikasi dengan bisnis anda.
·        Teleconfrencing
Fungsi teleconfrencing
  1. Rapat kerja antar cabang antar cabang dalam negeri dan Luar negeri
  2. Rapat HRD dengan Karyawan
  3. Rapat penjualan antar cabang dalam negeri dan Luar negeri
  4. Peluncuran produk baru
  5. Sosialisasi kebijakan baru
  6. Pelatihan Karyawan baru
  7. Efisiensi pengeluaran perusahaan

Pengertian Laporan Bisnis

 Laporan bisnis adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu.
Laporan  bisnis  ialah  setiap  dokumen  faktual  yang  menyatakan  tujuan  perusahaan merupakan sarana manajerial  untuk menginformasikan atau memberikan kontribusi  pada pengambilan keputusan harus bersifat akurat, lengkap dan obyektif.
Laporan bisnis juga dapat diartika sebagai  suatu laporan yang memiliki  sifat  netral  , tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas dan rencana penyajian fakta kepada seseorang atau untuk kepentingan bisnis tertentu.
Laporan bisnis juga merupakan pesan-pesan yang objektif, tersusun secara teratur yang digunakan untuk menyampaikan informasi  dari  suatu bagian organisasional  atau dari  saru institusi  atau  lembaga  ke  lembaga  lain  untuk  membantu pengambilan  keputusan  atau pemecahan masalah.
Laporan fakta meliputi kejadian-kejadian, kondisi, mutu, perkembangan, hasil, produk, masalah, atau saran pemecahan. Laporan dapat membantu penerima memahami situasi bisnis yang kompleks,  menyelesaikan tugas-tugas teknik,  atau merencanakan prosedur-prosedur, pemecahan masalah, dan membuat kebijakan tentang perencanaan strategis.

            Suatu laporan dapat berbentuk tertulis ataupun lisan ataupun keduanya (lisan dan tertulis). Laporan tertulis biasanya mendahului penyajian secara lisan yang didasarkan pada dokumen tertulis. 

JENIS-JENIS LAPORAN BISNIS

1.      Laporan menurut Fungsinya
Jenis laporan menurut fungsinya terdiri Laporan Informasional dan Laporan Analitis. Laporan informasional adalah laporan yang bersifat memberi informasi, menyajikan fakta – tanpa melakukan analisis, tanpa kesimpulan, dan tanpa memberi rekomendasi. Sedangkan, laporan analitis adalah laporan yang menyajikan fakta, menganalisis dan mengintrepertasikannya, kemudian menyimpulkan dan memberi rekomendasi. Beberapa contoh dari jenis ini adalah laporan kemajuan pekerjaan, laporan rekomendasi, proposal, dan sebagainya. 

2.      Laporan menurut Subjeknya
 Laporan menurut subjeknya adalah laporan yang didasarkan menurut departemen atau unit tempat laporan itu diperoleh. Contoh-contohnya adalah laporan akuntansi, laporan personalia, laporan produksi dan sebagainya. 

3.      Laporan menurut Formalitasnya
Laporan jenis ini dapat dibedakan atas laporan formal atau laporan laporan panjang (pada umumnya lebih dari 10 halaman) dan laporan nonformal atau laporan singkat. 
4.      Laporan menurut Keasliannya
Laporan yang terdiri dari laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, dan laporan publik. Laporan otoritas yang dibuat atas dasar permintaan atau kuasa dari orang lain; laporan sukarela disusun atas inisiatif dari pembuat laporan itu sendiri; laporan swasta adalah laporan yang dibuat oleh organisasi/perusahaan swasta; dan laporan publik disusun oleh lembaga/organisasi pemerintah atau lembaga yang dibiayai oleh negara. 

5.      Laporan menurut Frekuensinya
Laporan menurut frekuensinya terdiri dari laporan berkala yaitu laporan yang disusun secara harian, mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan. Contoh, laporan penjualan harian; sedangkan laporan khusus merupakan laporan atas suatu kejadian yang unik (khusus) seperti munculnya krisis dalam suatu perusahaan. 

6.      Laporan menurut Jenisnya
Laporan jenis terdiri dari laporan memorandum, laporan surat, laporan dalam bentuk cetakan, dan laporan panjang (laporan formal).

7.      Laporan menurut Kegiatan Projek
Laporan macam ini terdiri atas laporan pendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan akhir. 

8. Laporan menurut Pelaksanaan Pertemuan
Yang termasuk ke dalam laporan jenis ini adalah agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan. Agenda adalah suatu dokumen yang ditulis sebelum suatu pertemuan berlangsung, dan biasanya terdiri dari jadwal pelaksanaan dan topik yang akan dibahas dalam pertemuan sehingga akan membantu peserta dalam mempersiapkan peserta. Resolusi merupakan laporan singkat yang secara formal berisi pengumuman hasil konsensus dalam suatu pertemuan. Notulen adalah laporan resmi dalam suatu pertemuan yang telah berlangsung yang mencakup semua hal yang terjadi dalam suatu pertemuan. Laporan pertemuan merupakan laporan resmi yang mencakup bahasan yang lebih luas dan berisi hasil pertemuan atau konfrensi penting.

SYARAT LAPORAN BISNIS YANG BAIK
1.  Akurat
a. Menjelaskan fakta atau peristiwa yang terjadi secara konkret.
b.  Semua fakta yang dilaporkan relevan.
c. Adanya bukti-bukti terhadap kesimpulan yang Anda buat.
e. Penyajian bukti yang valid dan mendukung kesimpulan Anda.
2.  Keputusan yang Baik
Laporan bisnis yang dibuat tidak hanya digunakan pihak intern saja, tetapi juga pihak ekstern organisasi. Pembaca akan merasa senang membaca suatu laporan yang mencakup lima hal berikut :
a. Adanya ide pokok pada permulaan suatu laporan.
b. Melihat fakta-fakta yang tersedia.
c. Menerima uraian atau cerita secara menyeluruh.
d. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
e. Mempelajari sesuatu yang dapat membuat pekerjaan atau tugas-tugas mereka menjadi lebih mudah.

3. Format, Gaya, dan Organisasi yang Responsif
a. Siapa yang berinisiatif yang membuat laporan?
b. Apakah subyek yang akan dimasukan ke dalam laporan?
c. Kapan suatu laporan dibuat?
d. Ke mana laporan akan dikirim?
e. Mengapa suatu laporan dibuat?
f. Bagaimana sikap pembaca?



SOURCE :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ''WAJIB BELAJAR 12 TAHUN UNTUK GENERASI BANGSA YG CERDAS'' (Soft Skill 2 )

WAJIB BELAJAR 12 TAHUN UNTUK GENERASI BANGSA YANG CERDAS MEREKA MEMBUTUHKAN BANTUAN ANDA ... MEREKA HARUS SEKOLAH ... MEREKA HARUS BISA MENDAPATKAN PENDIDIKAN YG LAYAK ....  Mari , Kepedulian anda sangat berarti untuk mereka. Wajib belajar 12 tahun untuk ANAK INDONESIA !!!!! Pendidikan yang bermutu, dapat membangun generasi bangsa yang cerdas dan cemerlang..  Anak-anak di pedalaman Papua dan banyak lagi daerah tertinggal dan desa desa di Indonesia, sangat terbelit dengan kemiskinan dan kesusahan dalam mendapatkan pendidikan yang layak . Kurangnya tenaga guru, gedung sekolah yang memadai , dan sulitnya menjangkau pedesaan tertinggal .  Untuk itu, mereka sangat membutuhkan dermawan dari orang-orang yang dengan segenap hati membantu mereka ..  Keceriaan mereka , harus disertai dengan pendidikan yang memadai. MARI... Mereka sangat membutuhkan uluran tangan dan kepedulian kita , untuk membantu mereka mengg...

berjuta kisah, 1 cinta.

setiap manusia pasti punya cerita , kisah, masalah, dan ya CINTA . Tuhan itu adil banget yah , kasih kita 1 rasa yang bisa muncul tanpa diduga, dimanapun, kapanpun  dan yg pastinya sama orang yg tidak kita duga . Rasa yang bener-bener bisa datang tanpa dipanggil, dan yg ada hanya tanda jantung berdebar kencang saat berpapasan ataupun dekat dengan dia. Rasa yang bener-bener tidak bisa kita hentikan kedatangannya, atau kita tunda . Semuanya sudah diatur , oleh sang sutradara hidup ini . Awalnya memang biasa saja ,dimulai dengan status 'teman biasa' gak ada yang istimewa dan spesial . Semuanya biasa saja, tanpa ada sesuatu yang lebih dari sekedar status pertemanan . Tetapi, kedektan dan intensitas waktu berkomunikasi yang begitu 'sering' membuat rasa yang bener-bener gak diduga datang secara thaliba-tiba. Ya, kalau bisa muter waktu, mungkin mau balik lagi di waktu itu , waktu dimana rasa yang awalnya hanya sekedar rasa 'sahabat' belum berubah menjadi r...

Commercial Advertising & Non Commercial Advertising

ADVERTISING     ( ˈædvəˌtaɪzɪŋ )   in   business is a form of   marketing   communication   used to encourage, persuade, or manipulate an   audience (viewers, readers or listeners; sometimes a specific group) to take or continue to take some action. Most commonly, the desired result is to drive consumer behavior with respect to a commercial offering, although political and ideological advertising is also common. This type of work belongs to a category called   affective labor . In Latin, ad vertere means "to turn toward". [1]   The purpose of advertising may also be to reassure employees or shareholders that a company is viable or successful. Advertising messages are usually paid for by   sponsors   and viewed via various   old media ; including mass media such as newspaper, magazines, television advertisement, radio advertisement,   outdoor advertising   or   direct mail ; or   new media   s...